Cara Memasak Daging Sapi Biar Empuk

Spread the love

Cara Memasak Daging Sapi Biar Empuk – Sebenarnya tidak terlalu sulit. Namun kalau daging sapi ini keliru cara pengolahannya, bisa-bisa daging menjadi sangat alot dan keras. Tidak sedikit orang yang gagal memasak daging sapi sehingga susah dimakan seperti itu.

Agar daging sapi empuk, tidak harus merebusnya dalam waktu yang sangat lama. Bahkan, untuk melakukannya bisa dalam waktu yang relatif singkat karena ada sejumlah trik yang bisa diterapkan.

Pilihan Cara Memasak Daging Sapi Biar Empuk

1.   Dengan Menggunakan Uap Panas

Uap panas ternyata bisa membuat daging sapi menjadi lebih empuk. Namun kalau menggunakan cara ini, tutup panci jangan dibuka sampai waktu di mana daging sudah terasa empuk. Kalau menggunakan cara ini, bisa ikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini:

  • Didihkan air secukupnya, kemudian rebus daging sapi yang sudah dicuci bersih. Proses merebus ini bisa dilakukan kurang lebih selama 5 menit, jangan lupa panci selalu ditutup.
  • Kalau sudah, matikan kompor tetapi biarkan daging tetap ada di dalam panci hingga 30 menit lamanya.
  • Nyalakan lagi kompornya dan kali ini rebus daging lebih lama, sekitar 7 menit dan lihatlah bagaimana hasilnya setelah beberapa saat kemudian.

2.   Memotong dengan Cara Berlawanan dengan Serat Daging

Cara memotong daging juga akan berpengaruh pada empuk tidaknya daging sapi setelah dimasak. Agar daging sapi jadi empuk, daging sapi harus dipotong berlawanan arah dengan seratnya. Oleh sebab itu, sebelum proses memotong dilakukan, perhatikan dulu ke mana arah serat daging sapi ini.

Dengan dipotongnya serat tersebut, maka serat daging jadi lebih pendek. Jika serat lebih pendek, maka daging akan lebih mudah empuk sekaligus mudah dikunyah saat dimakan.

Baca juga : Pesan Nasi Box di Gambir

3.   Mendiamkan Saja di Suhu Ruangan

Mendiamkan daging sapi di suhu ruangan juga bisa membantu daging sapi tersebut agar empuk saat dimasak. Cara yang satu ini bisa dipilih jika stok gas di rumah terasa sedang terbatas. Boleh saja daging sapi tersebut disimpan di dalam freezer supaya tidak lekas busuk.

Namun, sebaiknya disimpannya di rak yang paling bawah, jangan lupa disimpan di dalam wadah yang tertutup juga. Nanti, sekitar 30 menit atau bahkan 1 jam sebelum memasak, keluarkan daging merah tersebut namun tetap disimpan dalam wadah yang tertutup.

Membiarkan daging tetap berada dalam suhu ruang sangat membantu agar suhu daging bisa turun perlahan dan stabil. Dengan demikian, tekstur daging bisa empuk dengan lebih merata. Jadi mulai sekarang, hindari mengolah daging yang baru dikeluarkan dari dalam kulkas.

4.   Menggunakan Jus Nanas

Kalau kebetulan ada buah nanas di rumah, sekalian saja manfaatkan untuk membuat daging sapi empuk saat dimasak nanti. Nanas diketahui memiliki enzim alami yang akan membuat daging jadi lebih cepat empuk. Caranya sebagai berikut:

  • Kupas dan bersihkan nanas, lalu blender menjadi jus yang halus.
  • Setelahnya, lumuri daging sapi yang ada dengan jus nanas tersebut.
  • Diamkan daging selama kurang lebih 30 menit, barulah kemudian masak daging tersebut sesuai selera.

Jus nanas juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu bahan marinasi. Akan tetapi perlu diingat, proses marinasi ini sebaiknya jangan terlalu lama, cukup sekitar 30 menit saja supaya rasa serta tekstur daging tidak berubah.

5.   Merebusnya dengan Panci Presto

Cara memasak daging sapi biar empuk lainnya ialah dengan menggunakan panci presto. Jadi nanti Anda hanya perlu merebus daging sapi tersebut dalam panci presto selama beberapa menit. Panci presto diketahui bisa membantu daging agar lebih cepat empuk.

Jika sudah tahu cara memasak daging sapi biar empuk, menyajikan makanan enak berbahan dasar daging merah tersebut tidak sulit lagi. Setelah dagingnya ini empuk, Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai macam hidangan untuk disajikan kepada keluarga tercinta.