Tips Agar Tumpeng Mini Jakarta Berkesan Spesial

Spread the love

Apakah Anda sedang berencana untuk membuat atau menyajikan nasi tumpeng mini Jakarta untuk acara spesial Anda? Berikut akan Kami ulas beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat nasi tumpeng mini buatan Anda terlihat lebih eksklusif seperti layaknya buatan katering ternama.

Beberapa Hal Yang Akan Membuat Olahan Nasi Tumpeng Mini Buatan Anda Lebih Berkesan Spesial

Untuk bisa membuat sendiri nasi Tumpeng Mini Jakarta memang bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Butuh waktu, tenaga dan kesabaran khusus untuk bisa melaluinya. Namun seiring berjalannya waktu, keahlian Anda akan terasah dengan sendirinya dengan lebih sering mencoba dan berlatih membuat nasi tumpeng khas Indonesia tersebut. Siapa tahu bisa menjadi satu keahlian yang memberikan penghasilan tambahan untuk Anda? Siapa yang tahu?

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk bisa membuat nasi tumpeng mini buatan Anda menjadi lebih berkesan spesial dan istimewa, yang bahkan seperti layaknya nasi tumpeng buatan katering atau chef ternama.

  1. Olah nasi kuning

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengolah beras menjadi nasi kuning yang dengan campuran jeruk nipis akan terlihat mengkilat dan berwarna kuning yang cantik. Gunakan kunyit segar dan olah terlebih dahulu kunyit bersama santan sebelum dicampurkan pada olahan beras tadi. Maka Anda akan mendapatkan warna kuning yang cantik dan segar.

  1. Campur beras putih dengan beras ketan

Mungkin Anda pernah mengalami kendala saat akan membentuk nasi tumpeng menjadi bentuk kerucut tanpa memiliki hasil akhir tekstur nasi yang keras? Untuk jalan keluarnya Anda bisa menambahkan sedikit beras ketan untuk membuat nasi kuning bisa kokoh berdiri setelah dicetak. Penambahan bahan beras ketan itu sendiri diklaim bisa membuatnya terlihat mulus dan tidak retak setelah pencetakan dilakukan.

Cetak dengan penuh hati-hati agar supaya nasi tumpeng tak menjadi keras karena terlalu banyak penekanan saat proses pencetakan. Nasi tumpeng yang dibuat dengan campuran sedikit beras ketan akan membuatnya saling menempel sehingga bisa tercetak sempurna meski tak ditekan keras saat dicetak.

  1. Hias dan sajikan nasi tumpeng

Biasanya nasi tumpeng mini Jakarta akan disajikan dengan menggunakan wadah alami atau tradisional seperti tampah bundar yang terbuat dari anyaman bambu. Anda harus bisa menghiasnya agar supaya memiliki tampilan yang cantik, kekinian namun tetap terlihat natural. Beri alas daun pisang yang dilipit dan dibentuk sedemikian rupa sehingga bisa terlihat cantik meski sederhana bahannya. Penggunaan daun pisang juga bisa turut menambah cita rasa yang dimiliki nasi tumpeng lho.

  1. Sajikan nasi tumpeng dengan perpaduan nasi dan lauk pauk

Pemilihan jenis beras, warna nasi dan lauk pauk yang dipakai harus bisa lebih seimbang gizi sekaligus warna yang dimilikinya. Karena hal itulah yang secara tidak langsung akan membuat nasi tumpeng mini yang Anda buat terlihat lebih cantik dengan warna warni yang pas.

Bagaimana Jika Kita Ingin Memulai Usaha Nasi Tumpeng Mini?

Untuk memulai usaha nasi tumpeng mini ini sebenarnya mudah cara dan prosesnya. Hanya tinggal Anda siap atau tidak untuk memulainya. Yang pertama kali dilakukan adalah membuat konsep bagaimana usaha Anda nantinya akan dijalankan. Menu nasi tumpeng, proses memasak, adakah asisten yang membantu dan lain sebagainya harus bisa direncanakan dengan baik.

Setelah itu semua tersusun barulah Anda membuat brosur untuk media promosi usaha baru Anda. Targetkan tetangga atau orang terdekat Anda untuk menjadi konsumen dalam usaha Anda. Kualitas rasa produkĀ  dan layanan terbaik yang Anda berikan bisa menjadi media promosi gratis karena kepuasan mereka pada layanan jasa pembuatan nasi Tumpeng Mini Jakarta milik Anda.