Tips Makanan Penurun Berat Badan

Spread the love

Tips Makanan Penurun Berat Badan – Ketika Anda ingin mendapatkan berat badan yang ideal dan terhindar dari beragam penyakit yang mungkin muncul karena alasan obesitas, Anda bisa menerapkan tips makanan penurun berat badan berikut ini dengan cara yang benar.

 tips makanan penurun berat badan

  1. Memastikan asupan protein seimbang

Protein adalah salah satu komponen nutrisi yang memiliki peran penting dalam regenerasi sel tubuh. Ketika terjadi kerusakan sel karena cidera, penuaan, maupun penyakit, asupan protein yang seimbang akan mempercepat proses penyembuhan karena cara kerjanya dalam meregenerasi sel tubuh yang rusak. Agar tubuh tetap terjaga kesehatannya, ada baiknya Anda mengkonsumsi protein dalam jumlah seimbang. Makanan tinggi protein, seperti dada ayam, telur, kacang-kacangan, atau susu bisa dikonsumsi dalam kadar mulai 100gr dengan metode rebus, kukus, atau fermentasi.

  1. Menghindari makanan dalam kemasan

Ketika Anda ingin mendapatkan makanan dengan nutrisi lengkap, ada baiknya Anda menghindari makanan cepat saji atau makanan dalam kemasan. Hal ini karena makanan dalam kemasan umumnya lebih tinggi kandungan gula atau lemak trans yang dapat mengganggu proses diet yang sedang dijalankan. Selain itu, adakalanya makanan dalam kemasan mengandung senyawa aditif yang tidak mudah tercerna oleh sistem pencernaan dan mengendap menjadi racun.

  1. Menghindari makanan dengan bahan aditif

Ketika Anda sedang menjalankan program penurunan berat badan, ada baiknya Anda mengurangi konsumsi makanan instan, seperti mie instan, bubur instan, atau makanan instan lain yang terkadang mengandung zat aditif, seperti pengawet, perasa, dan pewarna makanan. Dalam kadar tertentu, makanan dengan senyawa aditif didalamnya akan membahayakan proses metabolisme mengingat nutrisi bermanfaat yang tercerna lebih sedikit.

  1. Menghindari makanan yang terlalu manis 

Seseorang bisa mengalami obesitas karena tumpukan glikogen dalam jaringan adiposa tubuh sudah terlalu tinggi. Hal tersebut bisa terjadi ketika orang tersebut terus menerus mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat atau kadar gula. Untuk menunjang proses penurunan berat badan, ada baiknya Anda menurunkan konsumsi gula dengan mengganti asupan gula atau masakan manis dengan makanan rendah karbohidrat namun kaya vitamin dan mineral.

  1. Memastikan konsumsi camilan sehat

Agar tidak mudah sakit dan lemas, Anda perlu memastikan diri sendiri untuk mengkonsumsi camilan sehat. Camilan ini bisa berupa makanan rebusan, buah atau sayur yang dikombinasikan dalam bentuk salad. Berikut beberapa jenis buah atau sayur yang bagus untuk Anda yang ingin menurunkan berat tubuh ke posisi ideal.

  • Alpukat

Selain mengandung vitamin C dan vitamin E, alpukat juga mengandung asam oleat yang baik untuk memperbaiki mekanisme metabolisme sel dan penyerapan nutrisi oleh usus besar. Dengan mengkonsumsi 100gr alpukat dalam bentuk jus atau salad, Anda bisa mempercepat proses peluruhan lemak dari dalam tubuh dan pembakaran kalori.

  • Tomat ceri

Tomat ceri mengandung vitamin dan mineral yang membantu regenerasi sel dan memperkuat sel jantung. Konsumsi 5-8 buah tomat ceri membantu meningkatkan asupan mineral untuk bahan merubah glikogen menjadi kalori untuk aktivitas.

  • Apel

Apel adalah salah satu buah yang tidak hanya mengandung mineral tetapi juga senyawa pektin yang mampu membuat Anda menahan rasa lapar. Kandungan vitamin dan mineral yang ada didalamnya juga sangat bagus untuk kesehatan kulit dan mencegah resiko penuaan dini. Dengan begitu, Anda bisa terlihat tetap awet muda dengan berat badan ideal.

  1. Pastikan asupan air putih cukup

Jika Anda tidak ingin mengalami dehidrasi selama proses diet dan menjalankan aktivitas, pastikan asupan air putih dalam tubuh mencukupi. Asupan air putih ini didasarkan pada massa tubuh dan pola aktivitasnya, makin intens aktivitas yang dilakukan, makin besar asupan air putih yang diperlukan untuk menjaga kestabilan cairan dalam tubuh.

  1. Tidak melewatkan sarapan pagi

Jika Anda ingin memiliki bentuk tubuh yang proporsional, melewatkan makan pagi adalah cara yang salah dan pastinya menyiksa, karena bukan tidak mungkin hal tersebut akan membuat Anda ingin makan banyak saat siang atau malam. Jika Anda ingin program diet yang sedang dijalani berhasil, akan lebih baik jika Anda tidak melewatkan makan pagi. Meski begitu, sarapan bisa dilakukan dengan porsi makan yang lebih sedikit, sehingga secara perlahan tubuh akan mulai terbiasa dengan kalori yang masuk dan membakar kalori yang sudah masuk kedalam tubuh sebelumnya untuk energi harian.

  1. Konsumsi kopi tanpa gula

Ketika Anda tidak mau mengalami body shaming hanya karena tubuh yang terlihat berisi, Anda bisa mengkonsumsi kopi tanpa gula. Kopi hitam memiliki kandungan kafein yang membantu jantung memompa darah lebih cepat dan mengedarkan nutrisi makanan ke organ yang membutuhkan untuk metabolisme sel. Anda bisa mengkonsumsi setidaknya 150-200ml kopi hitam tanpa gula per hari untuk mempercepat proses penurunan berat badan.

  1. Konsumsi teh hijau 

Teh hijau mengandung senyawa flavonoid dan mineral yang membantu meluruhkan lemak dari dalam tubuh. Untuk bisa mempercepat proses diet, Anda bisa mengkonsumsi 150ml teh hijau saat pagi maupun sore hari sebelum mengkonsumsi makanan lainnya.

  1. Konsumsi makanan probiotik 

Makanan yang mengandung probiotik memiliki manfaat yang cukup banyak untuk tubuh. Selain mendukung tips makanan penurun berat badan, makanan dengan senyawa probiotik didalamnya membantu meredakan inflamasi atau peradangan yang mungkin dialami beberapa orang saat mulai proses diet. Makanan fermentasi, seperti yogurt, tahu susu, dan kimchi membantu usus besar menyerap lebih banyak nutrisi dan melancarkan buang air besar, agar tidak ada penumpukan racun didalam tubuh.