Budaya Makanan di Jepang, Populer dan Hits di Indonesia

Spread the love

Jepang memang menjadi salah satu negara destinasi wisatawan mancanegara karena keanekaragaman budaya dan panorama alamnya. Selain itu, budaya makanan di Jepang juga tak kalah menarik untuk dicoba dan dicicipi.

Bahkan di Indonesia, makanan khas Jepang juga sudah banyak ditemukan seperti sushi, takoyaki, ramen, onigiri, dan kuliner Jepang lainnya. Untuk menambah pengetahuanmu tentang budaya makanan Jepang, mari simak ulasan berikut ini.

Budaya Makanan di Jepang

Budaya Makanan di Jepang yang Hits di Indonesia

Setiap kuliner pasti memiliki ciri khasnya sendiri-sendiri, tak terkecuali dengan makanan Jepang. Makanan Jepang juga sudah banyak ditemukan di Indonesia karena rasanya yang cocok di lidah orang Indonesia. Berikut ini beberapa macam makanan Jepang yang populer di Indonesia.

1.     Ramen

Salah satu makanan Jepang yang populer di Indonesia yaitu ramen. Ramen merupakan makanan yang terbuat dari mi telur berukuran tipis yang disajikan bersama bahan pelengkap lainnya seperti rumput laut, telur, potongan daging, daun bawang, dan bahan pelengkap lainnya.

Kuah ramen juga memiliki citarasa yang berbeda-beda, ada yang dominan rasa asin dan ada pula yang terasa manis. Salah satu varian ramen yang paling populer yaitu ramen Sapporo yang berasal dari Hokkaido.

2.     Sushi

Sushi juga menjadi makanan khas Jepang yang populer, bahkan tidak hanya di Indonesia tapi di seluruh dunia. Makanan satu ini terdiri dari berbagai macam varian mulai dari daging tuna, salmon, belut, ayam, dan lain sebagainya.

Selain isiannya yang beragam, sushi juga ada banyak macamnya mulai dari sushi gulung, sushi tekan, dan sushi kulit tahu. Nah, kalau kamu sendiri pernah mencoba sushi varian apa saja nih?

3.     Soba

Soba juga menjadi salah satu makanan Jepang yang populer dan digemari masyarakat Indonesia. Makanan ini terbuat dari tepung gandum yang disajikan dalam kondisi panas maupun dingin. Ada dua varian kuah soba yang terkenal yaitu kuah soba ala Kansai dan kuah soba ala Tokyo.

Perbedaan kedua kuah soba ini terletak dari bahan pembuatan kuahnya sehingga menghasilkan warna, rasa, dan tekstur yang berbeda.

4.     Onigiri

Onigiri merupakan makanan khas Jepang berupa nasi kepal yang dibalut dengan rumput laut kering atau yang biasa disebut dengan nori. Isian onigiri juga bervariasi seperti salmon dan daun bawang.

Di Indonesia sendiri, isian onigiri yang paling banyak ditemukan yaitu tuna mayones agar lebih sesuai dengan lidah orang Indonesia. Budaya makanan di Jepang satu ini juga sudah banyak ditemukan di minimarket Indonesia.

5.     Mochi

Mochi merupakan kue khas Jepang dengan rasa manis dan tekstur kenyal karena terbuat dari beras ketan. Beras ketan ini ditumbuk hingga halus dan lembut, kemudian dibentuk menjadi bulatan kecil dan diisi dengan berbagai macam rasa seperti kacang, coklat, matcha, dan stroberi.

6.     Okonomiyaki

Okonomiyaki merupakan makanan Jepang yang terbuat dari adonan tepung terigu dengan tambahan daging, ikan, dan sayuran. Makanan satu ini dimasak dengan cara dipanggang di atas plat besi atau teflon.

Untuk menambah citarasa, okonomiyaki disajikan dengan olesan saus agar makin nikmat. Ada 2 varian okonomiyaki yang paling populer yaitu okonomiyaki ala Kansai dan okonomiyaki ala Hiroshima.

7.     Natto

Natto menjadi makanan khas Jepang yang sedang populer belakangan ini. Natto merupakan makanan ala Jepang yang terbuat dari kedelai yang sudah difermentasikan hingga berlendir dan menghasilkan aroma yang khas.

Bagi sebagian orang, makanan ini memang dianggap menjijikkan karena aromanya yang tidak enak, bentuknya yang aneh, dan teksturnya yang lengket. Meski begitu, natto ternyata menyimpan segudang manfaat, lho.

Kandungan nutrisi di dalam natto bisa mengurangi risiko penyakit stroke, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Budaya makanan di Jepang memang memiliki kekhasan tersendiri yang tidak bisa kamu jumpai di negara-negara lainnya. Tidak hanya lezat, makanan Jepang juga dapat menyehatkan tubuh karena terbuat dari bahan-bahan yang segar dan mengandung banyak nutrisi.